103 tahun Bumiputera,Wawancara Eklusif Prof.Idrus Paturusi

berbagai mimik saat wawancara di kediamannya
berbagai mimik saat wawancara di kediamannya

IMG_9924 (FILEminimizer) IMG_9925 (FILEminimizer)

berbagai mimik dalam wawancara Prof Idrus di Kediamannya
berbagai mimik dalam wawancara Prof Idrus di Kediamannya

AJB Bumiputera 1912, proven over time –   jelang 103 tahun Bumiputera – Samiun – KCP Makassar  mewawancarai  Prof.Dr.dr.Idrus Paturusi  yang saat ini adalah Komisaris Utama PT.Semen Tonasa – Sulawesi Selatan dan juga Komisaris Independen PT.Vale Indonesia ( ex.INCO).

Dikediamannya yang asri dan sejuk Jl Pelita Makassar – Samiun diterima dengan ramah  oleh Prof bersama keluarganya jam menunjukkan.07.45menit  WITA  -perbincangan santai dilakukan di tepi Kolam Renang dibagian belakang rumah.

Usai mengambil gambar estimoni video 103 tahun Bumiputera , Prof dengan suka cita

mendengar  genap 103 tahun, bahkan lebih tua dari Republik Indonesia tuturnya, suatu pengalaman yang panjang dan bukan hal yang mudah mencapainya, oleh sebab itu  Prof.Idrus berharap kedepan Berdasarkan pengalaman pengalaman yang begitu berharga itu  Bumiputera dapat ber akselerasi  lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Suka cita mendengar bahwa Bumiputera juga senantiasa mendonorkan darahnya saat ulang tahun  setiap tanggal 12 pebruari ,  Prof Idrus menceritakan pengalamannya  bekerja sebagai dokter kemanusiaan di Bam Iran  – disana  membantu koban gempa yang jumlahnya puluhan ribu, sempat dua bulan disana  tuturnya, kemudian di Aceh saat Tsunami disana selama 3 ( tiga ) bulan, korban terbanyak pertama di dunia sepanjang sejarah dia menjadi dokter relawan di daerah bencana, dan yang kedua adalah di Iran yang juga korbannya lebih dari 40ribu jiwa. bahkan Prof Idrus juga menuturkan di Afganistan sempat juga selama sebulan disana .

Samiun  – memperhatikan   bahwa prof Idrus selalu didepan setiap ada bencana dan  ditututurkan pada kesempatan yg baik ini bahwa  selalu menjadi perhatian dia sebagai ahli bedah  bahwa setiap ada bencana  yang  besar pasti banyak korban yang membutuhkan penanganan pertama dan disana  dokter sangat  dibutuhkan segera untuk menolong mereka yang tertimpa bencana.

seperti kita ketahui di Indonesia – Prof Idrus senantiasa berada di garda terdepan setiap ada kejadian bencana – ternyata itu semua dilatar belakangi oleh keikhlasan dan ketulusan dalam membantu sesama , dimana dia sebagai ahli bedah yang mempunyai kemampuan untuk menolong dan mengkoordinasikan dokter dokter dalam kapasitasnya sebelum menjadi Komisaris adalah Rektor dua kali di Universitas Hasanuddin Makassar.

Berhasil Memimpin UNHAS dua periode bukanlah hal yang mudah baginya , dan suatu kesyukuran dalam penuturannya bahwa UNHAS  bisa estapet ke Rektor yang baru  yaitu Prof.Dr Dwia Areies Tina Pulububu MA dengan aman dan lancar .

Prof Idrus menjabat Rektor UNHAS  dari periode 2006 sd 2014

Prof berpesan pada saya  beberapa hal yang sangat penting sebagai berikut :

  1. Jika masih Mahasiswa hendaklah anak anak muda itu aktif diberbagai kegiatan dan organisasi kampus, kerena kelak itu semua akan membantu jika suatu hari menjadi Pemimpin Organisasi atau perusahaan.

  2. Bekerja itu mestilah ikhlas dan dengan begitu  sulit bagi seseorang untuk menolak orang orang yang ikhlas dan tulus. atau dampaknya orang akan memberikan apresiasi yang tinggi atas pekerjaan kita kelak.

  3. Bekerja itu mesti dilakukan dengan sebaik baiknya serta penuh rasa tanggung  jawab  sehingga  kelak  misalnya dipromosi dengan tanggung jawab yang lebih besar maka seseorang telah siap dan   mampu dengan tantangan serta tanggung jawab yang lebih besar sebab senantiasa berusaha bekerja sebaik mungkin.

Sambil menikmati roti bakar  yang diberi mentega dan gula pasir sebagai roti kesukaan prof ,juga menuturkan tentang hobbnya sebagai perenang  dan juga sebagai golfer.

Ditanya tentang tugas barunya sebagai Komisaris Utama di PT.Semen Tonasa dan juga Komisaris Independen di PT.Vale dia menyatakan sangat bersyukur masih diberi kepercayaan oleh Negara untuk mengawasi jalannya Perusahaan yang sangat besar di Sulawesi selatan yaitu PT Semen Tonasa dan PT Vale , tentu saja sebagai komisaris tugas utamanya  adalah menjaga agar kedua Perusahaan tersebut  tetap bisa memberikan Kontribusi sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat Sulawesi Selatan  khususnya dan Indonesia pada umumnya serta tentu menjaga agar keseimbangan alam tetap terjaga meskipun dilakukan ekplorasi dan usaha pertambangan, maka tentu harus ada konservasi dan pemeliharaan lingkungan.

bahkan  jabatan Komisaris ini dia tidak menelpon siapapun juga melainkan dia ditelpon untuk bersedia menjadi Komisaris, dia menduga duga mungkin karena saya dianggap berhasil memimpin UNHAS dua periode.

Ditanya soal Prof.Abd Kadir yang saat ini memimpin RSUP dr Wahidin Sudirohusodo dia menuturkan” dia itu orang muda yang ternyata lebih hebat dari saya, diusia yang begitu dia sudah berhasil memberikan kontribusi besar kepada Negara – ingat kata prof Idrus pemasukan RS Wahidin itu lebih 400 Milyard tiap tahun untuk Negara – dia salah satu kader muda terbaik UNHAS. senang rasanya jika dia terpilih jadi BPA Bumiputera biar Bumiputera juga mempunyai orang yang bisa kita andalkan.

Prof.Dr.dr.Idrus Paturusi lahir di  Soppeng  23 Pebruari 1942 ,mempunyai tiga orang anak yang  kesemuanya sudah mandiri, dua diantara anaknya menjadi dokter juga dan bahkan satu menantunya juga seorang dokter , jadi dari satu dokter menjadi empat dokter dalam keluarga sehingga sekarang menjadi lima tentunya. candanya.

berbincang santai berbagai hal ,  tanpa terasa lewat 90 menit berlalu jam menunjukkan 09.30 wita. Samiun menyampaikan terima kasih dan penghagaan setinggi tingginya atas kesediaan wawancara khusus ini serta sekaligus menyampaikan permohonan untuk dibantu di PT Vale dan PT Semen Tonasa agar kedua Perusahaan tersebut lebih  memilih Bumiputera dalam  program kesejahteraan Karyawannya nanti karena Bumiputera adalah milik bangsa Indonesia sendiri.  untuk yang ini Prof menyatakan dengan suka cita akan memberikan bantuan dan membuka kesempatan kepada Adinda Samiun untuk datang berkonsultasi dan memberikan penjelasan yang  gamblang tentang keistimewaaan Bumiputera , produknya dan juga  benefitnya.

Prof.Idrus adalah Pemegang polis sejak lama , sampai saat ini. jenis Asuransi Whole Life untuk  atas namanya sendiri dan  juga Asuransi Beasiswa untuk cucunya.

terima kasih Prof….! tabe”

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s